Ada tiga hal yang masih mengambang definisinya di mata para Blogger seperti Visitor, Pageview dan Unique Visitor. Kebanyakan mereka selalu menganggap pageview dan Visitor memiliki pengertian yang sama. Sedikit hal yang harus anda ketahui tentang sumber lalu lintas yang menyebabkan munculnya tiga istilah tersebut.
- Ditect Navigation (navigai langsung) ini bisa berasal dari URL, Bookmark, Link Email dan sejenisnya.
- Lalu lintas rujukan ini bersumber dari sebuah link WEB, Media Sosial, Pelacakan Email, Promosi dan Kampanye Link.
- Search Organik (pencarian organik) sumber ini biasanya berasal dari pertanyaan yang dikirim atau di input pada mesin pencari.
- PPC (pay per click) bersumber dari sebuah iklan yang di sponsori melalui frase unik yang ditargetkan.
Lalu apa itu Visitor, Pageview dan Unique Visitor ? Dibawah ini saya akan menjelaskan arti dari tiga hal tersebut.
1. Visitor
Visitor adalah orang (bukan robot) yang sedang main atau berkunjung ke blog anda. Bisa karena dia nyasar, sengaja datang atau karena diarahkan oleh Search Engine melalui aktivitas browsing sehingga membuka Website anda. Secara teknis pengunjung adalah browser dari orang yang menerima Cookie, Opentracker menggunakan teknologi cookie pihak pertama. Dengan definisi ini, pengunjung atau visitor hakekatnya adalah manusia, dan tindakan mereka merupakan peristiwa 'manusia". Karena, hanya manusialah yang menggunakan browser (javascript) untuk navigasi internet. Jika cookie tidak diterima, maka digunakanlah alamat IP untuk melacak pengunjung ke blog anda.
2. Pageview
Pageview adalah tampilan halaman, secara sederhana dalam sebuah artikel sebagai halaman web pada blog yang sedang dibuka atau dilihat oleh visitor atau pengunjung. Secara hitungan matematika, 1 visitor dapat menghasilkan 1 pageview. Namun jika visitor membuka lebih dari satu halaman pada blog anda sampai 5 halaman, maka pageview akan bertambah 5 dengan visitor tetap 1. Jika ada 2 visitor yang berkunjung ke blog anda, mereka masing-masing membuka 5 halaman, berarti terdapat 10 pageview dengan jumlah visitor tetap 2, seperti itulah gambaran sederhananya.
Pageview juga bisa disebut dengan Impression. setelah pengunjung tiba di blog anda, meraka akan mencari berapa halaman lagi yang mungkin menarik minat mereka. Rata-rata pengunjung atau visitor akan melihat sekitar 2-5 halaman. Masing-masing halaman yang dilihat pengunjung akan dilacak sebagai pageview (tampilan halaman).
3. Unique Visitor
Unik Visiror bisa diartikan sebagai kunjungan sebuah alamat IP komputer dengan browser yang sama dalam kurun waktu satu bulan perhitungan statistiknya. Visitor uniklah yang bisa dipakai sebagai indikasi keberhasilan suatu blog, karena dari sini bisa diketahui perkiraan berapa banyak orang atau pengunjung yang mengunjungi blog anda.
Semakin tinggi unik visitor, maka keberhasilan website/blog semakin terbuka lebar. Disamping itu juga membawa efek terhadap peringkat sebuah blog serta rampingnya terhadap angka Alexa Rank. Jadi tegasnya adalah 1 visitor berarti 1 orang berdasarkan definisi yang diberikan diatas. Sehingga jika seseorang terus-menerus mengunjungi website/blog anda selama jangka waktu yang cukup lama, mereka tetap akan dicatat sebagai salah satu pengunjung unik atau Unique Visitor.
Pageview tinggi = blog sukses ?
Banyak sekali program seperti Histats, Google Analystic, Sitemeter ataupun statistik pada dashbor blogger. Semuanya memudahkan anda dalam melacak pengunjung yang masuk ke blog anda, lalu bagaimana mereka bisa sampai pada blog anda dan apa saja yang mereka lakukan disana ? Akurat atau tidaknya statistik traffic blog kadang di nilai dari hasil sebuah pageview oleh sebagian blogger. Ada kebangaan tersendiri saat pageview menyentuh angka yang fantastis. Menurut saya, itu adalah sebuah kebanggaan yang masih sangat SEMU. Alasanya sangat sederhana, coba anda perhatikan beberapa penjelasan dibawah ini :
1. Pageview Bersipat Dinamis
Setiap halaman web yang di klik akan menghasilkan 1 pageview, dan sumber klik bisa dari pengunjung, robot, atau pemilik website itu sendiri. Karena, sifatnya yang dinamis, pageview mudah direkayasa oleh kita lewat tangan jahil para bloggerlain melalui sebuah Software tertentu. Dan inilah yang selalu membuat para blogger terkecoh oleh tampilan pageview pada statistik blog.
2. Pageview tidak Equivalen dengan Unique Visitor
Grafik visitor unik tidak akan pernah mengikuti kenaikan dari pageview. Ini mengisyaratkan bahwa pageview tinggi belum tentu visitor unik pada blog akan ikut naik. Seperti penjelasan saya diatas, berhasil tidaknya sebuah blog dapat dilihat dari tingginya visitor unik yang ada pada statistik blog, bukan diukur dari banyaknya pageview.
3. Rasio secara matematis
1 visitor = 1 pageview
Misal 1 visitor membuka 10 halaman web/blog, maka 10 visitor kemungkinan bisa menghasilkan 100 pageview dari 1 unik visitor.Hal ini tidak berlaku untuk kebalikannya, 100 pageview tidak sama dengan 100 visitor unik. Karena, bisa saja 100 pageview itu dihasilkan dari 1, 2 atau bahkan 5 visitor, namun 100 visitor bisa saja sama dengan 100 pageview.
FLUKTUASI PAGEVIEW BERBANDING LURUS DENGAN KONTEN
Konten adalah raja !!! itu memang benar, selama isinya bisa mendapatkan ratunya yaitu visitor atau pengunjung. Disini saya akan menjelaskan beberapa konten pada artikel yang berpengaruh langsung terhadap naik turunnya pageview.
1. Konten yang bernilai, namun tidak terikat waktu
Konten jenis ini mampu bertahan lama dan memiliki pembaca yang stabil, bahkan mungkin bisa melonjak tergantung dari optimasi dan promosi. Blog dari jenis konten seperti ini lebih banyak memuat artikel tentang saran, tips, tutorial atau penjelasan sebuah topik secara mendetail. Ini merupakan konten terbaik yang mampu menyerap visitor sehingga umumnya bisa mendatangkan pageview yang tinggi dari jumlah visitor yang tinggi pula.
2. Konten yang bernilai dan terikat waktu
Sebuah blog yang menerapkan konten jenis ini biasanya menyajikan materi yang bermanfaat, namun dengan jangka waktu yang terbatas. Dan materi yang disajikan pun lebih banyak mengupas tentang informasi seperti berita. Pengunjung biasanya hanya datang saat muncul update terbaru dari blog tersebut. Naik turunya pageview tergantung dari kepekaan penulis dalam membaca peristiwa yang sedang nge-trend di masyarakat.
3. Konten tidak bernilai dan tidak terikat waktu
Konten jenis yang ketiga ini lebih banyak berisi tulisan curahan hati dari sang pemilik web/blog, bisa berupa puisi dan cerita. tentang kehidupan orang lain atau kehidupan dari pemilik web/blog tersebut. Di nilai dari segi manfaat, tentunya kurang memberi nilai untuk pembaca, hanya kalangan tertentulah yang mungkin pro terhadap web/blog dengan konten jenis ini. Dan imbas ke traffik pun bisa ditebak relatif kecil bahkan mungkin sepi dari pengunjung.
Namun jangan salah, ada sebagian Blogger yang bisa sukses dengan konten blog tentang pengalaman pribadi mereka selama tetap fokus pada materi yang memberi nilai untuk pembaca. Walaupun tulisan mereka seperti sedang bercerita, namun tetap memberi manfaat dalam bentuk nasehat, saran, dan pelajaran bagi orang lain.
4. Konten tidak bernilai dan terikat waktu
Jenis konten yang traksir ini berupa blog yang berisi catatan pribadi atau aktivitas dari orang yang mempunyai blog, konten ini sangat cocok jika anda adalah seorang pesohor negri, tokoh politik, atau sosok yang sudah dikenal oleh banyak orang. Setiap tulisan tentang agenda sehari-hari sudah pasti banyak orang yang penasaran ingin mengetahuinya. Tapi jangan coba-coba untuk memakai konten jenis ini jika anda hanya orang biasa, dan anda hanya akan bermimpi memiliki banyak pengunjung ke blog anda.
Itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai Suksesnya blog bukan dari pageview. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda selaku blogger pemula yang ingin dan mempunyai impian jadi blogger terkenal.
Baca juga : Cara memasang iklan adsense di Doubeclick for publisher |
2. Pageview
Pageview adalah tampilan halaman, secara sederhana dalam sebuah artikel sebagai halaman web pada blog yang sedang dibuka atau dilihat oleh visitor atau pengunjung. Secara hitungan matematika, 1 visitor dapat menghasilkan 1 pageview. Namun jika visitor membuka lebih dari satu halaman pada blog anda sampai 5 halaman, maka pageview akan bertambah 5 dengan visitor tetap 1. Jika ada 2 visitor yang berkunjung ke blog anda, mereka masing-masing membuka 5 halaman, berarti terdapat 10 pageview dengan jumlah visitor tetap 2, seperti itulah gambaran sederhananya.
Pageview juga bisa disebut dengan Impression. setelah pengunjung tiba di blog anda, meraka akan mencari berapa halaman lagi yang mungkin menarik minat mereka. Rata-rata pengunjung atau visitor akan melihat sekitar 2-5 halaman. Masing-masing halaman yang dilihat pengunjung akan dilacak sebagai pageview (tampilan halaman).
3. Unique Visitor
Unik Visiror bisa diartikan sebagai kunjungan sebuah alamat IP komputer dengan browser yang sama dalam kurun waktu satu bulan perhitungan statistiknya. Visitor uniklah yang bisa dipakai sebagai indikasi keberhasilan suatu blog, karena dari sini bisa diketahui perkiraan berapa banyak orang atau pengunjung yang mengunjungi blog anda.
Semakin tinggi unik visitor, maka keberhasilan website/blog semakin terbuka lebar. Disamping itu juga membawa efek terhadap peringkat sebuah blog serta rampingnya terhadap angka Alexa Rank. Jadi tegasnya adalah 1 visitor berarti 1 orang berdasarkan definisi yang diberikan diatas. Sehingga jika seseorang terus-menerus mengunjungi website/blog anda selama jangka waktu yang cukup lama, mereka tetap akan dicatat sebagai salah satu pengunjung unik atau Unique Visitor.
Pageview tinggi = blog sukses ?
Banyak sekali program seperti Histats, Google Analystic, Sitemeter ataupun statistik pada dashbor blogger. Semuanya memudahkan anda dalam melacak pengunjung yang masuk ke blog anda, lalu bagaimana mereka bisa sampai pada blog anda dan apa saja yang mereka lakukan disana ? Akurat atau tidaknya statistik traffic blog kadang di nilai dari hasil sebuah pageview oleh sebagian blogger. Ada kebangaan tersendiri saat pageview menyentuh angka yang fantastis. Menurut saya, itu adalah sebuah kebanggaan yang masih sangat SEMU. Alasanya sangat sederhana, coba anda perhatikan beberapa penjelasan dibawah ini :
1. Pageview Bersipat Dinamis
Setiap halaman web yang di klik akan menghasilkan 1 pageview, dan sumber klik bisa dari pengunjung, robot, atau pemilik website itu sendiri. Karena, sifatnya yang dinamis, pageview mudah direkayasa oleh kita lewat tangan jahil para bloggerlain melalui sebuah Software tertentu. Dan inilah yang selalu membuat para blogger terkecoh oleh tampilan pageview pada statistik blog.
2. Pageview tidak Equivalen dengan Unique Visitor
Grafik visitor unik tidak akan pernah mengikuti kenaikan dari pageview. Ini mengisyaratkan bahwa pageview tinggi belum tentu visitor unik pada blog akan ikut naik. Seperti penjelasan saya diatas, berhasil tidaknya sebuah blog dapat dilihat dari tingginya visitor unik yang ada pada statistik blog, bukan diukur dari banyaknya pageview.
3. Rasio secara matematis
1 visitor = 1 pageview
Misal 1 visitor membuka 10 halaman web/blog, maka 10 visitor kemungkinan bisa menghasilkan 100 pageview dari 1 unik visitor.Hal ini tidak berlaku untuk kebalikannya, 100 pageview tidak sama dengan 100 visitor unik. Karena, bisa saja 100 pageview itu dihasilkan dari 1, 2 atau bahkan 5 visitor, namun 100 visitor bisa saja sama dengan 100 pageview.
FLUKTUASI PAGEVIEW BERBANDING LURUS DENGAN KONTEN
Konten adalah raja !!! itu memang benar, selama isinya bisa mendapatkan ratunya yaitu visitor atau pengunjung. Disini saya akan menjelaskan beberapa konten pada artikel yang berpengaruh langsung terhadap naik turunnya pageview.
1. Konten yang bernilai, namun tidak terikat waktu
Konten jenis ini mampu bertahan lama dan memiliki pembaca yang stabil, bahkan mungkin bisa melonjak tergantung dari optimasi dan promosi. Blog dari jenis konten seperti ini lebih banyak memuat artikel tentang saran, tips, tutorial atau penjelasan sebuah topik secara mendetail. Ini merupakan konten terbaik yang mampu menyerap visitor sehingga umumnya bisa mendatangkan pageview yang tinggi dari jumlah visitor yang tinggi pula.
2. Konten yang bernilai dan terikat waktu
Sebuah blog yang menerapkan konten jenis ini biasanya menyajikan materi yang bermanfaat, namun dengan jangka waktu yang terbatas. Dan materi yang disajikan pun lebih banyak mengupas tentang informasi seperti berita. Pengunjung biasanya hanya datang saat muncul update terbaru dari blog tersebut. Naik turunya pageview tergantung dari kepekaan penulis dalam membaca peristiwa yang sedang nge-trend di masyarakat.
3. Konten tidak bernilai dan tidak terikat waktu
Konten jenis yang ketiga ini lebih banyak berisi tulisan curahan hati dari sang pemilik web/blog, bisa berupa puisi dan cerita. tentang kehidupan orang lain atau kehidupan dari pemilik web/blog tersebut. Di nilai dari segi manfaat, tentunya kurang memberi nilai untuk pembaca, hanya kalangan tertentulah yang mungkin pro terhadap web/blog dengan konten jenis ini. Dan imbas ke traffik pun bisa ditebak relatif kecil bahkan mungkin sepi dari pengunjung.
Namun jangan salah, ada sebagian Blogger yang bisa sukses dengan konten blog tentang pengalaman pribadi mereka selama tetap fokus pada materi yang memberi nilai untuk pembaca. Walaupun tulisan mereka seperti sedang bercerita, namun tetap memberi manfaat dalam bentuk nasehat, saran, dan pelajaran bagi orang lain.
4. Konten tidak bernilai dan terikat waktu
Jenis konten yang traksir ini berupa blog yang berisi catatan pribadi atau aktivitas dari orang yang mempunyai blog, konten ini sangat cocok jika anda adalah seorang pesohor negri, tokoh politik, atau sosok yang sudah dikenal oleh banyak orang. Setiap tulisan tentang agenda sehari-hari sudah pasti banyak orang yang penasaran ingin mengetahuinya. Tapi jangan coba-coba untuk memakai konten jenis ini jika anda hanya orang biasa, dan anda hanya akan bermimpi memiliki banyak pengunjung ke blog anda.
Itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai Suksesnya blog bukan dari pageview. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda selaku blogger pemula yang ingin dan mempunyai impian jadi blogger terkenal.
Baca juga : Cara memasang iklan adsense di Doubeclick for publisher |
betul, suksesnya blog tergantung earning om.. wkwkw
ReplyDeletebecanda, salam kenal :D